Tips Cara Menanam Jahe Gajah Untuk Dibudidayakan

Tips Cara Menanam Jahe Gajah Untuk Dibudidayakan - Cara menanam dan merawat tanaman jahe melibatkan suhu hangat, kelembaban tinggi, pencahayaan dan nutrisi. Jika anda menanam jahe sendiri, maka tak perlu anda harus membeli jahe di toko kelontong lagi. 

Jika anda menggunakannya dalam teh ataupun beberapa resep, yang harus anda lakukan yaitu mengambil tanaman jahe, menggali sedikit tanah dan kemudian mengambil sepotong akar jahe yang segar.  Di bawah ini ada beberapa 

Cara Menanam Jahe Gajah Yang Benar.

  • Yang pertama anda lakukan yaitu membeli akar jahe di toko tanaman, cari yang masih segar. 
  • Sebelum anda menanam akar jahe, bersihkan dan kemudian rendam akar jahe dalam air selama semalam. 
  • Keesokan paginya, ambilah pot di mana anda ingin menanam jahe. 
  • Pot tanaman dengan ukuran yang lebar sekitar 30 cm sangat ideal untuk pertumbuhan jahe. 
  • Masukkan tanah yang kompos dan gembur. 
  • Ambil air dan basahi tanah dengan baik. 
  • Ambil akar jahe yang direndam dan tanam tepat di bawah permukaan tanah. 
  • Tanaman jahe yang sehat dapat tumbuh sampai 2-4 meter dengan daun sempit yang mengkilap berukuran sekitar 30cm.  

Agar tanaman jahe bisa tumbuh dengan sehat, pastikan bahwa tanahnya kaya akan nutrisi. Tanaman jahe membutuhkan cahaya terang yang cukup untuk perkembangan dan pertumbuhan yang cepat.  Kisaran suhu antara 23 sampai 36ยบ C sangat ideal untuk pertumbuhan tanaman jahe. 

Jahe tak bisa mentolerir suhu kurang atau lebih, seperti yang disebutkan. Tanaman jahe memerlukan banyak air, terutama selama musim tanam aktif. Namun, ini tidak berarti harus disirami setiap hari, yang dapat menyebabkan genangan air serta menguras habis nutrisi dari dalam tanah. Itulah sekilas tentang Cara Menanam Jahe Yang Benar.

Tips Cara Menanam Jahe Gajah Untuk Dibudidayakan 

Tips Cara Menanam Jahe Gajah Untuk Dibudidayakan

Budidaya jahe gajah disukai karena caranya yang tidak begitu rumit dan modal awal yang dibutuhkan tidak terlalu besar. Teknik yang bisa digunakan pun juga beragam salah satunya yaitu menanam jahe gajah di dalam karung. 

Jahe gajah merupakan jenis jahe yang paling banyak disukai pasar, baik itu pasar lokal maupun pasar internasional.  Jika anda berniat untuk melakukan budidaya jahe gajah, berikut ini cara 

Langkah  Menanam Jahe Gajah Untuk Dibudidayakan:

  • Untuk mendapat hasil yang bagus, maka anda harus menyediakan bibit yang baik juga. 
  • Pilih bibit yang anda ambil dari kebun jangan yang di beli dari pasar. 
  • Pilihlah bibit dari tanaman yang sudah dewasa (sekitar sepuluh bulanan).  
  • Karena anda memilih teknik menanam dengan karung, maka siaplakn karung dengan ukuran yang tidak terlalu kecil dan tentunya tanah yang menurut anda subur dan campurkan dengan pupuk kompos. 
  • Masukan tanah ke dalam karung, sehingga pertumbuhan akarnya nanti akan lebih mudah. 
  • Masukan bibit ke dalam karung yang diisi dengan tanah dan tutup dengan tanah. 
  • Kemudian siram dengan air untuk menjaga bibit jahe agar tidak layu.


Cara budidaya jahe gajah ke dalam karung yang berikutnya tentunya dengan melakukan pemeliharaan. Pemeliharaan yang penting dilakukan untuk menjaga tanaman jahe gajah yaitu lakukan penyiraman setiap hari. Ketika tanaman jahe anda sudah tua dan tak lama lagi akan dipanen anda bisa menghentikan penyiraman. 

Cara Perawatan jahe gajah Agar Hasil Maksimal

Cara Perawatan jahe gajah Agar Hasil Maksimal

Menanam jahe membutuhkan beberapa step dan juga  peralatan. Terlebih media dan lokasi tanam yang akan digunakan bukanlah perkebunan yang memiliki lahan yang luas.  Ada beberapa cara menanam dan merawat tanaman jahe yang harus diperhatikan dan disiapkan. Bagaimanakah cara dan persiapan dalam menanam jahe di kebun atau pekarangan rumah Anda sendiri? Simak ulasannya berikut ini.

Ketika jahe berumur 2 bulan lakukan pemangkasan untuk merangsang pertumbuhan batang yang baru dan untuk menyeragamkan pertumbuhan jahe ke dalam satu karung.

Sebaiknya penggemburan dilakukan agar pertumbuhannya baik dan sirkulasi udara terjaga. Pupuk yang diberikan yaitu pupuk organik setiap dua bulan sekali. Lakukan pengendalian hama. Itulah sekilas tentang Tips Cara Menanam Jahe Gajah Untuk Dibudidayakan. 

Untuk menanam jahe siapkan bibit jahe terlebih dahulu. Cara membuatnya yaitu dengan mengambil satu tanaman jahe kemudian simpan pada tempat lembab hingga mengeluarkan tunas. Selanjutnya Anda dapat memotong tunas dan direndam  selama 8 jam. 

Selain itu untuk media tanamnya Anda memerlukan tanah humus, polybag dan sekam. Jika Anda sudah memiliki semuanya Anda bisa memulai cara menanam jahe dari proses awal yaitu membuat tanah sebagai media tanam untuk tanaman jahe Anda.

Untuk media tanamnya Anda campurkan  tanah humus terlebih dahulu, beserta dengan pupuk kandang dan sekam. Dalam pencampurannya Anda harus menggunakan perbandingan 3:1. Masukkan tanah hasil pencampuran ke dalam polybag kurang lebih ¾ bagian. Sisipkan bibit tanaman jahe pada media tanam.

Dalam perawatan jahe, hal yang harus dilakukan cukup sederhana. Pada minggu pertama siram menyiram bibit jahe setiap hari dengan rutin. Ketika tumbuhan jahe sudah mulai membesar Anda bisa menghentikan penyiraman dan mulai menggantinya dengan memberikan pupuk. 

Selain itu, Anda juga harus merawat tanaman jahe dari serangan hama yang dapat membuat tanaman jahe menjadi rusak. Jangan lupa untuk menghindari air dengan kadar yang berlebihan ketika tanaman sudah besar karena rimpang jahe bisa rusak. Itulah sekilas tentang Tips Cara Menanam Jahe Gajah Untuk Dibudidayakan. Semoga bermanfaat !

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tips Cara Menanam Jahe Gajah Untuk Dibudidayakan